“Aku Sehat dan Kuat” Indonesia Ceria di Rumah Baca Sindang Karya

“Aku Sehat dan Kuat” Indonesia Ceria di
Rumah Baca Sindang Karya

Karawang, Rabu 12 Juni 2013. Setelah menyelenggarakan kegiatan KKN dengan tema “ayo cinta lingkungan”, mahasiswa KKN Indonesia Ceria Sampoerna School of Education (SSE) kembali mengadakan kegiatan pembelajaran dengan tema “Aku Sehat dan Kuat” terhadap anak-anak di Rumah Baca Sindang Karya, Dusun Babakan Loa Karawang. Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anak tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan ini berlangsung lancar yang ditunjukkan dari antusiasme 21 anak peserta kegiatan pada hari rabu ini.


Kegiatan “Aku Sehat dan Kuat” ini dimulai dengan pembelajaran Bahasa Inggris dasar tentang percakapan untuk meminta sesuatu (request or asking permission). Setelah  pembelajaran Bahasa Inggris, peserta dibagi dalam 4 kelompok dimana setiap kelompok akan didampingi oleh satu orang tutor dari mahasiswa. Setiap kelompok akan berkompetisi dalam mengumpulkan kumpulan puzzle gambar kemudian harus menyusunnya menjadi gambar yang benar dan terkait dengan tema hidup sehat. Setelah setiap kelompok berhasil menyusun puzzle-puzzle tersebut menjadi gambar, mereka harus dapat menjelaskan arti dari setiap gambar yang ada.

Setelah kompetisi membentuk gambar dari puzzle, setiap tutor dalam masing-masing kelompok meminta peserta menonton video terkait tentang cara hidup sehat. Sambil menonton video, tutor membantu peserta memahami isi video dengan menjelaskan isi video tersebut. Antusiasme peserta terlihat saat beberapa peserta mengajukan pertanyaan atau respon terhadap isi video dan mengaitkannya dengan kehidupan mereka sehari-hari. 

Kegiatan terakhir dari kegiatan kedua “Aku Sehat dan Kuat” ini adalah pembuatan poster tentang pola hidup sehat. Setiap kelompok membuat poster disertai gambar-gambar ilustrasi yang mendukung isi poster. Pemilihan poster terbaik dinilai oleh ketua RT 11 tempat kegiatan dilaksanakan. Ketika mereka ditanya mengenai kegiatan hari ini ternyata mereka senang dan antusias untuk mengikuti kegiatan selanjutnya. Diharapkan mereka mengerti untuk berprilaku sehat dan mengamalkan setiap pembelajaran yang telah diberikan. Setelah kegiatan ini, tema berikutnya yang akan diajarkan adalah “Lestarikan Budaya Indonesia”. Penasaran dengan kehebohan kegiatan kami berikutnya? Stay tune with Indonesia Ceria di Rumah Baca Sindang Karya ya 

1 Response to "“Aku Sehat dan Kuat” Indonesia Ceria di Rumah Baca Sindang Karya"

  1. Kegiatan bagus dan bermakna bagi anak-anak. Semoga dengan program ini, mereka menyadari pentingnya hidup sehat dan menjadi duta anak sehat di lingkungannya:)

    BalasHapus