Lestarikan Budaya Bangsa, KKN SSE Undang Finalis MOKA 2012


Mendengarkan Cerita Bahasa Sunda
Bersama Finalis Mojang Karawang 2012

Karawang, Minggu 17 Juni 2013. Ada yang berbeda dalam pelaksanaan kegiatan ke 3 mahasiswa KKN Sampoerna School of Education (SSE) di Rumah Baca Sindangkarya kali ini. Jika pada kegiatan sebelumnya, kegiatan diisi oleh para mahasiswa sendiri, maka kali ini salah satu finalis Mojang Karawang (MOKA) 2012 yaitu Muhammad Taufiq akan mengisi kegiatan yang bertemakan “Lestarikan Budaya Bangsa” ini.


Seperti biasa, sebelum kegiatan dimulai anak-anak kembali diajak berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris. Kali ini, anak-anak diajarkan tata bahasa asking permission untuk meminta hal-hal yang sering mereka lakukan sehari-hari seperti meminta tolong atau meminta sesuatu. Kemudian setelah kegiatan Bahasa Inggris, anak-anak diberikan waktu untuk membaca buku yang mereka sukai.

Tibalah saat Kang Taufiq untuk memberikan cerita dalam Bahasa Sunda. Ditemani oleh salah satu rekan mahasiswa SSE yang juga sesama finalis MOKA 2012 yaitu Gita Natalia, Kang Taufiq menyampaikan cerita tentang sejarah salah satu objek wisata di Karawang Tugu Rengasdengklok. Anak-anak terlihat sangat antusias dan mendengarkan cerita yang disampaikan Kang Taufiq. Mereka tampak memahami isi cerita Kang Taufiq karena disampaikan dengan menggunakan Bahasa Sunda.


Dari kegiatan kali ini, anak-anak diharapkan dapat mengenal lebih dekat kebudayaan dan hal-hal yang berhubungan dengan kota kelahiran mereka tercinta, Karawang. Penggunaan Bahasa Sunda sebagai bahasa pengantar cerita digunakan untuk memupuk kecintaan mereka terhadap Bahasa yang mereka gunakan sehari-hari. Selain itu, penggunaan Bahasa Sunda juga digunakan untuk menunjukkan kepada anak-anak bahwa mendongeng dalam Bahasa Sunda adalah kegiatan yang menarik dan dapat lebih mudah mereka pahami.

Duh, pasti bakal banyak kegiatan yang lebih menarik yang akan diadakan oleh Tim Indonesia Ceria. Penasaran dengan kegiatan kami berikutnya? Tetap pantau kegiatan kami melalui blog Rumah Baca Sindang Karya ini ya!! Salam ceria 

0 Response to "Lestarikan Budaya Bangsa, KKN SSE Undang Finalis MOKA 2012"

Posting Komentar